SKINCARE KOREA

sea buckthorn indonesia,manfaat sea buckthorn untuk obat miss v kering alami, obat jantung koroner, krim wajah kering, wajah kendur hilang dengan DSM |

7 Tips Kulit Sehat

7 Tips Kulit Sehat Kita perlu juga mengenal kulit. Kulit merupakan bagian tubuh yang bersentuhan langsung dengan kosmetik, khususnya kulit muka menjadi fokus perhatian utama. Kulit juga merupakan lapisan terluar dari tubuh manusia. Ia menjadi bagian tubuh yang bersentuhan langsung dengan lingkungan, sehingga fungsi utama kulit tidak lain adalah sebagai perlindungan. Secara Umum kulit terdiri atas dua lapisan, yaitu :

1. Epidermis

Epidermis dikenal juga dengan kulit ari, yaitu lapisan kulit paling luar. Lapisan ini bertanggung jawab terhadap interaksi dan komunikasi kulit dengan dunia luar dan melindungi lapisan kulit yang ada dibawahnya. Dalam kaitannya dengan kosmetik, epidermis merupakan bagian kulit yang menarik untuk dipelajari, karena sebagian besar produk kosmetik diaplikasikan pada lapisan ini.
Meskipun dengan perkembangan kosmetik medis belakangan ini, pengaplikasian kosmetik juga dilakukan hingga ke lapisan dermis. Namun, tetap saja penampulan epidermis menjadi tujuan utama penggunaan kosmetik, baik sebagai riasan maupun perawatan. Epidermis masih  terbagi lagi menjadi 5 lapisan kulit wajah  , yaitu :

- Lapisan tanduk yaitu lapisan paling luar

- Lapisan jernih, disebut lapisan barrier

- Lapisan berbutir-butir

- Lapisan Malpighi yaitu lapisan seperti duri

- Lapisan Basal yaitu lapisan terbawah epidermis

2. Dermis
Dermis adalah lapisan kulit yang berada dibawah epidermis. Lapisan ini bertangung jawab terhadap elastisitas dan kehalusan kulit . 

Selain itu lapisan dermis juga berperan menyuplai nutrisi bagi epidermis . Ibarat mesin, epidermis merupakan vover atau dinding tempat berlindungnya berbagai jenis peralatan mesin, sementara dermis adalah peralatan mesin tersebut. Dalam dermis, terdapat akar rambut, saluran keringat, kelenjar sebasea (kelenjar minyak ) otot penegak rambut, ujung pembuluh darah, ujung saraf, serta serabut lemak yang terdapat pada lapisan lemak bawah kulit. 

Fungsi Kulit. Kulit memiliki beberapa fungsi bagi tubuh, diantaranya adalah :
1. Proteksi (perlindungan)
Kulit berfungsi untuk melindungi organ-organ tubuh dari pengaruh lingkungan luar. Misalnya sinar matahari, zat-zat kimia, perubahan suhu dan lain-lain.

2. Thermoregulasi (menjaga keseimbangan temperatur tubuh)
Kulit akan menjaga suhu tubuh agar tetap optimal. Keringat yang keluar saat suhu udara panas berfungsi untuk mendinginkan tubuh. 

Keluarnya keringat adalah salah satu mekanisme tubuh untuk menjaga stabilitas temperatur.

3. Organ sekresi

Kulit akan berfungsi sebagai organ untuk melepaskan kelebihan air dan zat lainnya , seperti NaCL, Amonia dan lain-lain.

4. Persepsi sensoris

Suhu sebagai alat perasa, kulit akan bereaksi pada perbedaan suhu , sentuhan rasa sakit dan tekanan.

5.Absorbsi (penyerapan)
Beberapa Zat tertentu bisa diserap masuk kedalam tubuh melalui kulit

6.Hal Lainnya 
Seperti meggambarkan status emosional seseorang yang memerah ketika marah, memucat kecika takut, dan merona ketika bahagia.

Warna Kulit  -- Warna kulit pada manusia ditentukan oleh bahan pembangun warna kulit dan faktor lingkungan , sehingga kita mengenal macam - macam kulit :

- Warna kulit yang terbentuk secar agenetik tanpa dipengaruhi oleh faktor lain
Warna kulit yang terbentuk karena dipengaruhi oleh sinar UV.

Tips menjaga kesehatan Kulit Agar tetap sehat :

1. Selalu menggunakan Tabir Surya setiap akan beraktivitas lama dibawah terik matahari . Penggunaan Tabur Surya penting untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit dan menimbulkan flek serta mempercepat proses penuaan dini pada kulit.

2. Lakukan Perawatan kulit secara rutin dan teratur. Biasakan membersihkan wajah sebelum tidur. Gunakan jenis rangakaian pembersih yang sesuai dengan jenis  kulit kita. 
Bersihkan wajah sebelum tidur sangat penting untuk mengangkat sisa make up ataupun debu yang menempel pada kulit. Debu dan sisa make up yang menumpuk pada kulit wajah  berpotensi menyumbat pori-pori dan dapat merangsang tumbuhnya jerawat.


3. Hindari membersihkan wajah terlalu sering . Membersihkan wajah memang penting, namun tidak disarankan terlalu sering dapat menjadikan  kulit menjadi kering dan hal ini akan merangsang kelenjar minyak bekerja lebih keras untuk memproduksi minyak. Pada akhirnya dapat menyebabkan iritasi serta peradangan pada kulit dan memicu tumbuhnya jerawat.

4. Sebelum membersihkan atau menyentuh wajah, pastikan tangan kita sudah bersih.

5. Gunakan pelembab secara rutin . Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit . Pastikan kulit Anda sudah dibersihkan sebelum memakai pelembab.

6. Gunakan Krim malam yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menutrisi kulit dan memperbaiki  kerusakan pada jaringan kulit.
Konsumsi buah-buahan segar dan sayuran secara teratur untuk menyuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Selain itu buah merupakan sumber antioksidan alami bagi kulit.

7. Minumlah air putih 6 sampai 8 gelas perhari bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit.


Baca Artikel Kami Selanjutnya di  Tips Mengobati Jerawat 














7 Tips Kulit Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: lasoul

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.